Panwaslu Diharapkan Pahami Tugas dan Tupoksi
Kota - Kota Payakumbuh
Sunday, 08 April 2012 12:35

Payakumbuh, Sitinjaunews - Wakil ketua Komisi A, H. Maharnis Zul mengatakan Komisi A berharap Pilkada Calon Wali dan Wakil Kota Payakumbuh yang akan datang dapat berjalan dengan lima keunggulan. Keunggulan tersebut adalah banyaknya pemilih yang hadir, pelaksanaan Pilkada aman terkendali sampai pelantikan, biaya murah,  saksi pasangan calon hadir rapat dan menandatangani  berita acara. Disamping itu, saat pelantikan semua pasangan hadir dan memberi salam kepada calon terpilih.

“ Panwaslu diharapkan dapat memahami tugas dan tupoksi, wasit bertindak netral, pemasangan baliho sesuai dengan jadwal serta semua panwaslu harus kompak dan bermental yang kuat” tambahnya, beberapa waktu lalu di Payakumbuh.

Banyaknya masukan-masukan berupa kendala yang dirasakan pihak Panwaslu kecamatan se-Kota Payakumbuh kepada komisi A DPRD Kota Payakumbuh sehingga menghambat proses penyelenggaraan Pilkada calon Wali dan wakil Kota Payakumbuh mendatang.

Ketua Panwaslu Kecamatan Timur, Wilson mengeluhkan verifikasi tidak diberitahukan PPK ke Panwaslu, berita acara tidak tidak diserahkan PPK padahal menurut undang-undang ,verifikasi diberikan pada PPK dan pasangan calon.

Ketua  Panwaslu Kecamatan  Latina, Hendra Syukur menambahkan UU No. 14 tentang 2008 tentang keterbukaan informasi public tidak dilaksanakan di kecamatan ini. Sementara itu, Ornijon ketua Panwaslu Kecamatan Utara mengatakan kendalanya tidak mendapatkan informasi atau data yang akurat dari calon independen.

Kurangnya fasilitas dan sarana alat tulis (computer, mesin tik) dan tidak adanya kantor menjadi kendala Panwaslu di kecamatan selatan untuk menjaring kegiatan. “karena itu, diharapkan  untuk diperjuangkan dalam anggaran”ungkap Joneidi selaku ketua Panwaslu Kecamatan Selatan.

Panwaslu Kecamatan Barat, Zulkifli dan miko mengatakan kendala yang dirasakan kurangnya fasilitas berupa kendaraan sehingga mengalami kendala dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, hanya satu PPL satu kelurahan padahal TPS di setiap kelurahan banyak.

Menanggapi permasalahan tersebut , H . Abdul khair  mengatakan melalui komisi A membuat rekomendasi kepada DPRD untuk menyurati KPU, Panwaslu dan Kepala Daerah untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan serta memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan demi lancarnya Pilkada ini. “Berikan haknya, kemudian  tuntut kewajibanya karena kita hidup berbirokrasi” tambah Anggota Komisi A ini.

Penasehat Komisi A, Wilman singkuan S.Sos menambahkan semua masukan dan kendala  yang dihadapi Panwaslu Kecamatan se-kota Payakumbuh akan ditindaklanjuti.

”Kita mengharapakan semua dapat berjalan sesuai aturan perundang-undangan sehingga Kota Payakumbuh bias mencapai lima keunggulan tersebut”ungkap Ketua DPRD ini (btr/002)


rssfeed
Email Drucken Favoriten Twitter Facebook Myspace Digg aol blogger google reddit YahooWebSzenario
 
Websitinjaunews!

Watch Video