Disdik Padang Bentuk Tim Evaluasi Kinerja Guru
Kota - Kota Padang
Wednesday, 02 March 2011 23:13

Padang, SitinjauNews - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang membentuk tim untuk menilai kinerja para guru tingkat SD, SMP, dan SMA sebagai bentuk persiapan menghadapi Ujian Nasional 2011.

Tim khusus yang berjumlah lima orang tersebut menilai kinerja para guru dengan membuat kuesioner yang akan diisi oleh siswa, topiknya antara lain, penguasaan materi, sikap dan tingkah lakunya selama mengajar.

Kepala Disdik kota Padang, Bambang Sutrisno mengatakan evaluasi tersebut diutamakan kepada guru-guru yang telah disertifikasi.

Dalam kuisioner yang diberikan pada para pelajar oleh tim yang dibentuk tersebut, berisikan pertanyaan yang memiliki poin pilihan jawaban, mulai dari kurang, cukup, sedang, hingga baik, yang semuanya diisi oleh para pelajar.

Hasil kuesioner tersebut akan menunjukkan mana guru yang benar-benar siap untuk mengajar dan mana yang tidak.

Dalam kuesioner tersebut,ada empat instrumen penting dalam pendidikan yang harus di isi oleh para pelajar, mulai dari pedagogi (penguasaan materi pendidikan yang diajarkan,red), sosial, kepribadian, serta profesionalisme seorang guru dalam mengajar.

"Istrumen tersebut kita masukan dan kita uraikan menjadi kuesioner untuk mengetahui, sejauh mana sertifikasi yang telah dilakukan pada guru, dapat meningkatkan kualitas mereka," katanya.

Ia menambahkan, pada akhir Maret 2011 evaluasi tersebut diharapkan telah selesai, dan bagi guru yang ternyata dari hasil evaluasi tersebut mendapatkan nilai yang buruk, maka akan diberikan sangsi, mulai dari peringatan, skorsing, hingga pencabutan sertifikasi yang telah mereka miliki.

Setelah Maret 2011 penilaian selesai terhadap guru-guru, disdik Kota Padang memberikan waktu kepada setiap guru selama tiga bulan, untuk memperbaiki segala kekurangannya dalam mengajar, karena pada bulan ke tiga dari Maret tersebut kembali akan dilakukan evaluasi perbaikan kinerja.

"Kita nantinya memberikan waktu selama tiga bulan kepada para guru, untuk meningkatkan kinerjanya dalam mendidik anak, setelah itu baru evaluasi lanjutan, dan baru penindakan tegas," tegasnya.

Bambang, menyatakan dengan cara evaluasi seperti ini, maka penilaian terhadap kinerja guru yang ada akan lebih objektif, karena yang menilai langsung adalah para murid di dalam kelas, dan setiap hari bertemu dengan gurunya.

Sehubungan dengan itu, anggota DPRD Kota Padang, menyatakan evaluasi bagi guru yang telah disertifikasi perlu dilakukan oleh dinas pendidikan (Disdik) Kota Padang, karena tujuan dari sertifikasi guru tersebut adalah untuk peningkatan kualitas dari para pengajar.

"Perlu adanya evaluasi yang berkala bagi para guru, khususnya yang telah disertifikasi, oleh dinas pendidikan," kata anggota DPRD Kota Padang, Azwar Siri.

Ia menambahkan, evaluasi tersebut sebuah keharusan, agar guru-guru yang telah di sertifikasi tersebut tetap punya motivasi untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka dalam dunia pendidikan. (*)


rssfeed
Email Drucken Favoriten Twitter Facebook Myspace Digg aol blogger google reddit YahooWebSzenario
 
Websitinjaunews!